Selasa, 30 April 2013

Menu Kuliner Ala Pidie

JIKA anda berkunjung ke Kabupaten Pidie, tidak lengkap rasanya bila belum mengunjungi kawasan kuliner yang ada di berbagai kecamatan di kabupaten itu. Pasalnya, kawasan kuliner itu menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan beragam cita rasa. 


Di Sigli misalnya, kawasan kuliner meliputi taman tepi laut yang  tepatnya berada di Gampong Kuala Pidie, Kecamatan Kota Sigli. Di tempat ini, anda bisa menikmati berbagai makanan dan minuman ringan seperti, mi caluek, gorengan, bubur kanji, air kelapa muda, aneka jus serta makanan dan minuman spesial lain dengan cita rasa yang dijamin memuaskan anda. Anda akan lebih nyaman menyantap makanan dan minuman di lokasi kuliner ini sembari menikmati hembusan angin sepoi-sepo dan hamparam Selat Malaka.

Selain itu, anda juga bisa menikmati mie kocok awak awai di Simpang Kramat Dalam, Sigli. Sejak pagi hingga siang (terkadang menjelang) sore penjual mie kocok yang berada di pinggir Jalan Iskandar Muda, Sigli ini selalu terlihat sibuk melayani pembeli.

Adapun lokasi kuliner lain adalah, di Kembang Tanjong yang terkenal dengan kue adee Ie Leubeu. Di Kecamatan Glumpang Baro, kuliner yang terkenal adalah bandeng presto (ungkot muloh tepeh tanpa duri).

Sementara di pasar Beureunuen, kawasan kuliner antara lain, emping melinjo dan kerupuk kulit kerbau yang telah dikemas dengan berbagai ukuran yang dijual disejumlah toko di pinggir jalan Banda Aceh-Medan. 

Sementara di pedalaman Kecamatan Mutiara, Pidie, persisnya di kawasan Simpang Empat Gampong Busu, Kecamatan Mutiara Barat, juga ada rujak milik Mustafa. Lokasi kuliner juga ada di sekitar kompleks Kampus Universitas Jabal Ghafur. Kawasan yang lebih dikenal dengan Glee Gapui ini juga menyediakan aneka makanan dan minuman yang rasa khasnya tersendiri. Saat musim rambutan, langsat, atau durian, sejumlah pedagang jual menjual buah-buahan tersebut di kawasan Glee Gapui.  

Di Pidie, sekarang juga sudah ada lokasi kreasi water park yang berada di Gampong Benteng, Kecamatan Kota Sigli. Lokasi tersebut jarakanya sekitar satu kilometer dari Rutan Sigli. “Pemkab harus menata kawasan kuliner dengan baik. Sehingga pengunjung yang datang bisa lebih nyaman,” harap Apriadi warga Blang Paseh, Kecamatan Kota Sigli.(muhammad nazar)

0 komentar: